Mataram, Universitas Mataram – Senat Universitas Mataram (Unram) menerima kunjungan Senat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram pada Rabu, 11 Januari 2023. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding kebijakan dari masing-masing universitas.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dan Ketua Senat Unram, Prof. Dr. Agil Al Idrus, M.Si. menyambut hangat kedatangan rombongan UPNVY di Unram. Ia menyampaikan jika kedatangan UPNVY ke Unram yang akan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) merupakan langkah awal kerjasama kedua universitas untuk bersama-sama mengembangkan universitas masing-masing.

“Kolaborasi dengan perguruan tinggi lain itu penting. Banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, dengan harapan kedepannya Unram dan UPN Veteran Yogyakarta dapat maju bersama,” ungkap Rektor Unram.

Di samping itu, Rektor UPNVY, Prof. Dr. M. Irhas Effendi menyebutkan ada 2 hal yang menjadi hal penting dalam kunjungannya kali ini. Yang pertama, yaitu untuk meningkatkan efektifitas kinerja senat dan untuk meningkatkan kualitas institusi.

“Kami berharap nanti setelah ada MoU, itu bisa diimplementasikan dalam bentuk MoA (Memorandum of Agreement),” tutur Rektor UPNVY.

Rektor sekaligus Ketua Senat UPNVY berharap dapat berkolaborasi dengan Unram di bidang akademik, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), riset, pengabdian masyarakat, dan pengembangan kompetensi sumber daya alam, serta di bidang lainnya di masa yang akan datang.

Adapun rombongan UPNVY yang datang terdiri dari Sekretasis Senat; Wakil Rektor I, II, dan III; Ketua Komisi Senat; Dekan Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Mineral; Ketua LPPM, Wakil Dosen; dan Sekretariat.