Mataram, Universitas Mataram – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (Prodi Ikom Unram) mendapatkan hibah Matching Fund Kedaireka 2022. Melalui hibah tersebut dijalankan program Test Tour di 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika selama 2 hari sejak tanggal 18 – 19 November 2022.

Dalam pelaksanaan program ini turut mengajak awak media, content creator, dan pihak terkait lainnya untuk mencoba paket wisata yang ditawarkan oleh 16 Desa Wisata Lingkar Mandalika. Desa-desa tersebut terdiri dari Desa Labulia, Desa Penujak, Desa Ende, Desa Sade, Desa Sepakek, Desa Marong, Desa Sukarara, Desa Bonjeruk, Desa Selong Belanak, Desa Mekar Sari, Desa Mertak, Desa Kuta, Desa Tanak Beak, Desa Karang Sidemen, Desa Lantan, dan Desa Aik Berik.

Hartin Nur Khusnia, S.IP., M.A. selaku Ketua Pelaksana menjelaskan jika Test Tour diadakan untuk memberikan pengalaman kepada peserta terkait paket wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Lingkar Mandalika. Juga, bermaksud memastikan kesiapan pelaku wisata di Desa Wisata Lingkar Mandalika dalam menerima wisatawan.

“Kita berharap peserta Test Tour itu mendapatkan pengalaman yang menarik dan mereka menceritakan pengalamannya itu di berbagai saluran media yang mereka miliki. Kelak dengan cerita pengalaman itu, desa wisata di sekitar Lingkar Mandalika semakin terkenal dan menarik perhatian pengunjung untuk berkunjung,” ujarnya.

Hartin juga menambahkan setelah diadakannya Test Tour, akan dilakukan launching dan diseminasi hasil produksi promosi paket wisata Desa Wisata Lingkar Mandalika.

“Kita juga akan melakukan evaluasi paket wisata ini secara bersama dengan anggota Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) 16 Desa Wisata sekaligus membicarakan potensi kelanjutan program,” tambahnya.

Melalui program ini diharapkan akan membantu membangkitkan desa-desa wisata yang ada di sekitaran Lingkar Mandalika.