Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menggelar pembinaan karakter bagi mahasisiwa penerima Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K). Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu pagi (5/11) di Ruang Sidang Senat Rektorat, Universitas Mataram.

Mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. H. Abdul Faruk, MM., selaku Koordinator Kemahasiswaan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut secara resmi. “Anak-anakku yang berbahagia, Ibu WR III dalam satu sesi yang sama ini sekarang berada di auditorium yaitu penyerahan buku tabungan kepada mahasiswa penerima KIP-K Tahun 2022,” tuturnya. Faruk juga menyebutkan pada tahun ini terdapat 1.500 orang yang diserahkan buku tabungannya.

Pada kegiatan tersebut, Koordinator Kemahasiswaan itu juga menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa Unram penerima KIP-K. “Saudara-saudara harus memiliki kemampuan dan berkarakter baik,” tangkasnya. Kalimat tersebut erat kaitannya dengan lama waktu studi yang akan ditempuh para mahasiswa kedepannya. “Ada target-target yang menjadi tujuan saudara kuliah, tidak harus selesai sampai semester 12,” harapnya.

Pembinaan karakter tersebut diisi dengan berbagai macam materi yang relevan dengan kehidupan mahasiswa, terkait peningkatan dan motivasi pengembangan diri. Adapun materi terkait Wawasan Kebangsaan disampaikan oleh Dr. Ufran, S.H., M.H. Tak hanya itu, mahasiswa juga dibekali dengan materi penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang, disampaikan langsung oleh Dr. dr. Rohadi. Dan dalam perjalanan menjadi seorang mahasiswa, harus mampu menata diri untuk meraih prestasi, hal ini disampaikan langsung oleh Pujiarohman, M.Psi.