Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menggelar Grand Opening Summit Meeting of Forum Komunikasi (Forkom) FKIP Negeri Indonesia & The 4th Annual Conference On Education and Social Science (ACESS) 2022. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Forkom Pimpinan FKIP se-Indonesia. Pada gelaran tahun ini, Unram menjadi tuan rumah yang menghadirkan 34 pimpinan FKIP Negeri seluruh Indonesia. Grand Opening dilaksanakan di pantai Senggigi tepatnya di Hotel Merumata pada Rabu malam (27/10).

Prof. Dr. A Wahab Jufri, M.Sc. selaku Dekan FKIP Unram menyambut hangat rombongan Forkom Pimpinan se-Indonesia. “Ucapan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan para tamu undangan di Unram yang insyaAllah tenteram dan terus berkembang,” ucapnya.

Ketua Forkom, Prof. Dr. Mahmud, M.Pd. mengucapkan rasa terima kasih kepada Rektor dan Dekan yang sudah memberikan kesempatan sebagai tuan rumah kegiatan tersebut yang rangkaian acaranya hingga tanggal 30 Oktober 2022. “Kegiatan Forkom ini menjadi wadah bagi para pimpinan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah khusunya di bidang pendidikan,” tegas Prof. Mahmud.

Beliau melanjutkan bahwa kegiatan ini akan menghasilkan rekomendasi kepada pemerintah. “Oleh karena itu, esok hari (28/10) akan diadakan kuliah umum tentang pendidikan guru. Saling berkolaborasi dan saling isi mengisi terutama  tentang merdeka belajar,” jelas Ketua Forkom.

Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. selaku Rektor Unram hadir dalam acara pembukaan pertemuan Forkom pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia yang dirangkaian dengan pembukaan seminar internasional ACCES yang ke-4. Prof. Bambang menyebutkan bahwa pendidikan menjadi salah satu pilar untuk pengembangan ke depan.

“Guru atau dosen memiliki peran vital di dalamnya. Bangkitnya sebuah bangsa yang walaupun bangsa tersebut luluh lantah, tergantung pada gurunya, tergantung pada dosennya,” ungkap Prof. Bambang.

Oleh karena itu beliau berharap dari Forkom pimpinan FKIP se-Indonesia ini akan lahir ide-ide cemerlang untuk pemerintah. “Semoga forum ini menghasilkan banyak ide untuk pemerintah, untuk membantu pemerintah paling tidak untuk membangun karakter bangsa ini sehingga menjadi bangsa yang bermartabat,” ujar Rektor Unram.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd. memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pembukaan pertemuan Forkom pimpinan FKIP Negeri se-indonesia tersebut. Wagub NTB mengatakan bahwa profesi sebagai guru ataupun dosen tidak hanya sekedar profesi dunia.

“Belajar tidak hanya di kelas, tapi proses pembelajaran ada pada setiap yang dilaksanakan di kehidupan dan itu semua merupakan proses belajar. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju ke depannya,” tutur Wagub NTB.

Forum pimpinan ini sangat penting dan memiliki peran yang strategis di tengah-tengah adanya perbedaan kualitas antara satu Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan LPTK yang lain. Perbedaan ini menuntut adanya kerja sama yang intens dalam rangka merumuskan arah kebijakan bersama untuk peningkatan kualitas serta memecahkan persoalan-persoalan bersama guna melakukan solusi mapun terobosan dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan.