Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Mataram (FKIP Unram) menyelenggarakan The 2nd International Conference Science Physics and Education 2022 (Konferensi Internasional ke-2 Ilmu Fisika dan Pendidikan) atau yang disingkat sebagai ICSPE 2022 bertempat di Fave Hotel, Mataram selama dua hari sejak tanggal 19 – 20 Oktober 2022.

Konferensi internasional ini bertemakan “Challenges And Opportunities In Physics And Education In Distruption Era” (Tantangan dan Peluang dalam Fisika dan Pendidikan di Era Disrupsi – red). Ketua Panitia ICSPE 2022, Prof. Dr. Joni Rokhmat, M.Si. dalam laporannya menyebutkan jika terdapat total presenter sejumlah 45 orang. Di mana di dalam jumlah tersebut mencakup beberapa presenter yang berasal dari 6 negara, yaitu Indonesia, United Kingdom, Taiwan, Australia, Malaysia, dan Filipina.

Prof. Ir. Wahyu Srigutomo, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku President of Physics Society of Indonesia (PSI) yang hadir melalui Zoom Meeting turut menyampaikan jika konferensi internasional ini sangat relevan dengan visi misi PSI untuk menjadi organisasi bereputasi dalam pengembangan fisika dan pendidikan fisika.

“Saya berharap melalui pertemuan ini dapat menghasilkan menfaat optimal bagi kita semua, memperkuat kerjasama kita, berbagi hasil penelitian dan bertukar pikiran,” tutur Prof. Wahyu.

Dekan FKIP Unram, Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc. juga berpendapat bahwa tema yg diusung ICSPE tahun ini sangat penting, “sudah tak diragukan lagi kalau kita sedang menghadapi era disrupsi dengan situasi pandemi dan tantangan disrupsi ekonomi di masa kini maupun masa depan. Saya berharap dengan berfokus pada tema ini dapat menjadi wadah pertukaran ide yang akan bermanfaat bagi kita dan dunia di masa depan.”

Selanjutnya Agusdin, S.E., MBA., DBA., Wakil Rektor bidang Akademik Unram secara resmi membuka konferensi internasional tersebut. “Universitas Mataram selalu berusaha menjadi garda terdepan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat secara khusus di NTB dan Indonesia,” jelas Agusdin.

Dalam ICSPE 2022 terdapat pemateri inti yang terdiri dari Prof. Keith Taber, Ph.D. (The Faculty of Education, University of Cambridge, United Kingdom); Prof. Dr. Caesar A. Saloma (National Institute of Physics, University of the Philippines Diliman, Philippines); Prof. Ir. Wahyu Srigutomo, S.Si., M.Si., Ph.D. (Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Institute of Technology Bandung, Indonesia); dan Prof. Dr. Sutopo, M.Si. (Faculty of Mathematics and Science, State University of Malang, Indonesia).

Dengan beberapa topik bahasan seperti pendidikan fisika, fisika teoritis dan komputasi, material dan nanoteknologi canggih, biofisika dan fisika medis, fisika nuklir, geofisika, astrofisika, fisika instrumental, laser dan optoelektronik, serta fisika energi dan lingkungan.