Dalam rangka kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-10 Asosiasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI) yang pada tahun ini diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, panitia Mukernas APMAPI bekerjasama dengan Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Seminar Nasional yang mengusung tema “Penguatan Kelembagaan Administrasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, dan Manajemen Pendidikan Keagamaan: Peningkatan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis Penjaminan Mutu dan Kampus Merdeka” di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram pada Jumat, 6 Oktober 2022.

Kegiatan seminar nasional ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis ke-60 Unram dan Dies Natalis ke-17 Pascasarjana. Direktur Pascasarjana Unram, Prof. Ir. Muhammad Sarjan, M.Agr.CP., Ph.D. memberikan sambutan dan membuka kegiatan seminar tersebut. Ia menyampaikan bahwa di usia Pascasarjana yang masih muda, yaitu 17 tahun dan dengan sumber daya yang tersedia, diharapkan seluruh jajaran untuk memunculkan gairah dan semangat meningkatkan kinerja Pascasarjana untuk mendukung capaian kinerja Unram.

“Harapannya dengan adanya Mukernas dan seminar nasional ini, para peserta yang dihadiri oleh Mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unram serta beberapa anggota APMAPI dari seluruh Indonesia mendapatkan luaran untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di bidang manajemen/administrasi pendidikan,” ungkap Prof. Sarjan.

Dr. Asrin, M.Pd. selaku Ketua Panitia kegiatan seminar nasional tersebut juga tak lupa memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar menikmati keindahan Pulau Lombok sebagai daerah tujuan wisata terkenal dunia, termasuk Sirkuit Internasional Mandalika.

Ketua Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unram, Dr. Sudirman, M.Pd. turut menyampaikan terima kasih atas kepercayaan APMAPI kepada Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unram sebagai tuan rumah untuk kegiatan Mukernas APMAPI tahun ini. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam Mukernas dan seminar nasional kali ini digunakan oleh Ketua Program Studi Magister Administrasi Pendidikan/ Magister Manajemen Pendidikan untuk melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), untuk memperkuat kerjasama antarprogram studi tersebut di perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Pada kegiatan seminar nasional tersebut menghadirkan 3 pembicara, yaitu Prof. Dr. Imran Arifin, M.Pd. (Ketua APMAPI Pusat) yang membahas mengenai Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan pada Era Perubahan Teknologi Abad 21; Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. (Sekretaris Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan) yang membahas mengenai Standar Sistem Akreditasi Program Studi Lamdik; dan Prof. Dr. Nasmi Herlina Sari, S.T., M.T. (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Unram) menyampaikan pembahasan mengenai Strategi Penyiapan Akreditasi Perguruan Tinggi Tingkat Internasional.