Mataram, Universitas Mataram – Unit Pelaksana Teknik Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir (UPT BKPK) Universitas Mataram menggelar Pelatihan Pengenalan Dunia Kerja di ruang Teater gedung C Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) pada hari Kamis, 6 Oktober 2022.

Apt. Yoga Dwi Saputra S.Pharm., M.Pharm. selaku ketua Panitia Pelaksana menyampaikan saat ini kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 komprehensif yang menyelimuti keseluruhan aspek produksi dari industri lewat peleburan teknologi digital dan internet. “Revolusi industri 4.0 ini mengutamakan unsur kecepatan dari tersedianya suatu informasi, di mana seluruh entitas suatu lingkungan industri senantiasa terhubung dan bisa berbagi informasi satu sama lain,” tuturnya.

Yoga menambahkan untuk menghadapi itu semua kita harus meningkatkan kualitas diri, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan softskill. Para mahasiswa telah banyak dibekali dengan kemampuan Hardskill atau akademik di bangku perkuliahan, tetapi masih jarang diberikan kemampuan softskill. “Kemampuan softskill ini akan sangat anda perlukan disetiap jenis pekerjaan. Untuk itu, anda merupakan orang-orang yang beruntung dapat hadir diruangan ini untuk mendapatkan kemampuan tambahan itu dari para pemateri kita yang hebat hebat hari ini,” tegasnya.

Mewakili Rektor Unram, Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan harapan dengan adanya kegiatan semacam ini bisa meningkatkan budaya semangat berwirausaha dan berprestasi di kalangan mahasiswa lebih dalam, serta belajar banyak tentang apa yang diperlukan setelah lulus. “Di era yang serba digital hampir seluruh kegiatan manusia diambil alih. Ini menjadi tantangan bagi generasi milenial yang beradaptasi. Tidak bisa hanya bermodalkan ijazah dan transkrip. Harus memiliki softskill,” tegasnya.

Prof. Enny juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2020, softskill yang paling dicari yakni kreatifitas. “Berfikir kreatif merupakan keterampilan yang penting. Berfikir kreatif merupakan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Tidak boleh lagi gaptek, suasana sudah berbeda, teknologi sudah maju,” tutur Wakil Rektor 3.

Kegiatan tersebut diisi oleh para narasumber yang mumpuni pada bidangnya; Samsul Hadi selaku Direktur Utama PT. Gerbang NTB Emas, M. Basufi Rahman selaku HRD PT. Krida Dinamika Autonusa, Pujiarohman, S.Psi., M.Psi. Psikolog selaku Ketua UPT. BKPK, dan seorang pembisnis Teh Kelor, Erwin Irawan S.P.