Mataram, Universitas Mataram – Lebih dari seribu civitas akademika se-Universitas Mataram mengikuti Upacara Rutin Bulanan pada Senin, 5 Desember 2022. Upacara tersebut merupakan upacara bulanan terakhir yang digelar pada tahun 2022.

Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. menjadi Pembina dalam upacara rutin tersebut. Rektor Unram menyampaikan beberapa hal terkait tolak ukur keberhasilan menurut Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Unram yakni kinerja anggaran/serapan anggaran dan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Yang pertama tentang kinerja anggaran. Alhamdulillah Universitas Mataram sekarang berada pada urutan ke-2 dari 35 Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum. Biasanya kita berada di urutan 20-an, dalam sejarah kita sudah mengukir keberhasilan kita yang berada pada urutan ke-2. Semoga pada akhir tahun kita masih bisa mempertahankan ini,” ujarnya.

Yang kedua, lanjutnya adalah pencapaian IKU, termasuk didalamnya mendorong kerjasama luar negeri. “Untuk kerjasama luar negeri, kunjungan ke Jepang sudah berhasil, ada 1 orang yang lulus untuk melanjutkan S3 di Nagoya University. Begitu juga dengan kerjasama Rusia, kita akan mengembangkan beberapa riset dengan mereka yang sudah kita sepakati. Kunjungan ke Seoul Nasional University juga membuahkan hasil, sebentar lagi kita membuat center untuk smart city. Sebentar lagi mereka datang ke tempat kita, kita perkuat lagi kerjasama itu. Kerjasama dengan Perancis ada konsorsiumnya,” ungkap Rektor Unram pada seluruh civitas akademika yang turut hadir pagi tadi.

“InsyaAllah perjalanan ke luar negeri kita tidak akan sia-sia,” tegasnya.

Prof. Bambang mengungkapkan bahwa perjalanan ini merupakan perjalanan untuk mengemban tugas melaksanakan visi misi Unram, menjadi perguruan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional. “Tidak mungkin kita lakukan hanya berdiam diri, kita harus membuka kerjasama seluas-luasnya dengan berbagai macam perguruan tinggi di dunia,” ucapnya di lapangan Rektorat Unram.

“Tahun 2023/2024 kita namakan tahun percepatan,” ungkap Rektor Unram.

“Ada 3 percepatan yang akan kita raih bersama, yakni pertama percepatan pencapaian IKU, kedua percepatan akreditasi dan ketiga percepatan dalam rangka mempersiapkan PTN-BH,” tutupnya.