Mataram, Universitas Mataram – Dharma Wanita Persatuan Universitas Mataram (DWP Unram) bekerjasama dengan UP-MBKM IKU Unram menggelar acara Kontes Memasak Jajanan Milenial Berbahan Pangan Lokal di Lobi Rektorat Unram pada hari Sabtu (3/12).

Ketua DWP Unram, Hj. Agustin Rahmawati Bambang Hari Kusumo menjelaskan kegiatan ini dimaksud untuk menggali kreativitas dan inovasi pengolahan aneka pangan lokal yang ada di Nusa Tenggara Barat. Ia juga menyebutkan jika saat ini pemerintah telah membentuk perguruan tinggi ketahanan pangan dengan Rektor Universitas Mataram yang di tunjuk sebagai perguruan tinggi koordinator ketahanan pangan wilayah Bali dan Nusa Tenggara, di mana salah satu programnya adalah pengembangan pangan lokal serta meningkatkan kreativitas pengolahan pangan lokal agar sesuai dengan selera generasi millenial saat ini.

“Melalui kontes ini kita ingin meningkatkan kreatifitas pangan lokal sehingga ketersediaan pangan lokal akan mengganti penggunaan bahan pangan impor,” ujar Agustin.

Selanjutnya Ketua Panita yakni Embun Suryani, Ph.D. menyebutkan jika kontes memasak ini diikuti oleh 36 peserta dari berbagai kalangan. Seluruh peserta menampilkan yang terbaik dengan menyajikan olahan jajanan berbahan pangan lokal dengan sajian yang kreatif dan inovatif. Ia berharap agar ajang ini bisa menggali potensi-potensi muda untuk berkreasi menciptakan berbagai pangan olahan berbahan lokal yang diminati kaum milenial.

“Diharapkan dapat menciptakan potensi usaha dan terbentuk UKM-UKM baru, sehingga ke depan bentuk hadiah bagi pemenang adalah berupa modal pembinaan untuk mengembangkan usaha,” tutur Embun.

Dalam perlombaan tersebut Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp5.000.000, Juara 2 mendapatkan Rp3.000.000, Juara 3 mendapatkan Rp2.000.000, dan Juara Favorit mendapatkan Rp1.000.000.