Mataram, Universitas Mataram – Kolaborasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unram, dan Mahasiswa Penggerak – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MP-MBKM) Unram 2022, menghadirkan Unram Merdeka Fair 2022 dengan tema Sinergi Generasi Milenial dalam Bingkai Budaya Sasambo. Sukses dilaksanakan pada hari Minggu (13/11) di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar, Unram.

Ketua Panitia Pelaksana, Agustian Primarya Putra menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut. “Tujuan kami menyelenggarakan acara ini yakni untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Mataram dan mahasiswa yang program MBKM, karena ini merupakan momentum yang tepat dalam memacu peningkatan kualitas dan kuantitas Kampus Merdeka, serta mewujudkan program Kampus Merdeka dalam berbagai rangkaian seperti Talkshow MBKM, Pameran Karya MBKM, Sasambo Fest, Festival Modul Nusantara dan Malam Penganugerahan,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Rudi Siswandi yang merupakan Ketua MP-MBKM, meperjelas tujuan diadakan Unram Merdeka Fair. “Unram Merdeka Fair ini untuk branding MBKM agar teman-teman ikut membersamai program-program yang luar biasa yang telah disediakan MBKM,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan harapan dari terlaksananya kegiatan ini. “Semoga teman-teman semua dapat lebih terdorong lagi untuk ikut melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka kedepannya, seperti teman-teman kita yang berada di ruangan ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Sekretaris MBKM Unram, Dr. Aliefman Hakim, S.Si., M.Si. Ia menyampaikan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan hak bagi mahasiswa untuk belajar di luar prodi maksimal 3 semester, yakni 1 semester masih dalam Kampus Unram dan 2 semester di luar kampus Unram.

“Ada 9 BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) yang dilakukan selama 2 semester tersebut. Pertama, pertukaran mahasiswa seperti yang terlihat pada kesempatan hari ini, adanya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang datang kemudian belajar di Universitas Mataram. Kemudian ada juga bentuk kegiatan magang, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, penelitian, membangun desa, dan lain sebagainya,” jelas Sekretaris MBKM Unram.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Koordinator Kemahasiswaan, Narasumber Talkshow MBKM yakni Dr. Edy Heryanto, M.Ed. selaku Unit Pelaksana MBKM Unram dan TGH. Hasanain Juaini, LC., M.H. selaku Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Haramain.

Selain talk show MBKM, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Sasambo Fest, Bincang Sastra Lokal NTB, dan ditutup dengan malam penganugerahan.