Mataram, Universitas Mataram – Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan IPA Pascarjana Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan The 2nd International Conference on Science Education and Science 2022 (ICSES 2022) pada tanggal 3 – 4 November 2022 secara hybrid di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan melalui Zoom Meeting.

ICSES 2022 mengangkat tema “Inovasi dan Kreativitas dalam Penelitian Pendidikan Sains dan Sains Terintegrasi Ekowisata”. Konferensi internasional yang memasuki tahun kedua ini melibatkan 10 orang pemateri inti dari beberapa negara seperti Yordania, Taiwan, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Indonesia, serta 17 orang pemateri undangan dari skala internasional dan nasional.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor 4 Unram, Yusron Saadi, S.T., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan potensi ekowisata yang dimiliki Pulau Lombok.

“Lombok merupakan salah satu dari 5 Lokasi destinasi wisata di Indonesia. Lombok juga merupakan tempat yang paling cocok untuk ekowisata. Ekowisata yang berkelanjutan terdiri dari 3. Yang pertama konservasi, yang kedua komunitas dan yang ketiga pendidikan. Konservasi merupakan komponen ekowisata yang sangat penting karena merupakan solusi berkelanjutan untuk meningkatkan keanekaragaman hayati,” jelas Yusron.

Konferensi ini untuk mempertemukan akademisi internasional, peneliti dan cendekiawan dan pembuat kebijakan yang bertanggung jawab untuk memberikan, mempromosikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, melalui pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan yang canggih, untuk keunggulan kompetitif keberlanjutan dalam ekowisata integrasi.

Melalui ICSES 2022 diharapkan dapat memberikan kesempatan besar bagi calon peserta untuk berbagi pengetahuan teoretis terkini, temuan penelitian dan pengalaman dalam menangani Pendidikan Sains dan Penelitian Sains yang berkelanjutan. Dengan demikian, konferensi ini akan menampilkan presentasi oleh pembicara internasional sesuai dengan topik yang mutakhir.

Lingkup yang tercakup dalam konferensi ini termasuk: Pendidikan Sains, Pendidikan Fisika, Fisika, Instrumentasi dan Energi, Kimia dan Ilmu Material, Biologi dan Biologi Molekuler, Ilmu Pengetahuan Alam, Lingkungan dan Ekologi Manusia, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, STEM, Pendidikan Lingkungan, dan Pendidikan Berkelanjutan.

Kegiatan ICSES 2022 ini merupakan rangkaian akhir kegiatan Dies Natalis Pascasarjana yang ke-17 tahun 2022. “Dalam rangka Dies Natalis Pascasarjana kali ini fokus pada kegiatan akademik, sebelumnya Pascasarjana Unram melaksanakan Seminar Nasional baik di Prodi Magister Pertanian Lahan Kering maupun Prodi Magister Administrasi Pendidikan,” kata Direktur Pascasarjana Unram, Prof. Ir. Muhammad Sarjan, M.Agr.CP., Ph.D.