Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) melaksanakan diskusi bersama dalam rangka peningkatan dan pengembangan kerjasama antar lembaga pendidikan tinggi secara khusus di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat), Gedung Fakultas Kesehatan lantai IV pada Senin, 31 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dalam pelaksanaan Summer Camp bagi mahasiswa asing. Dr. rer. nat. L. R. Telly Savalas selaku Koordinator Support to Higher Education in the ASEAN Region (SHARE) DAAD Program Unram mengatakan dalam menindaklanjuti kegiatan ini konsersium antar universitas di NTB, telah terbentuk forkita.

“MoU sedang dalam proses, forum sudah terbentuk dan akan menjadi wadah untuk bekerjasama dan akan menjadi wadah untuk bekerjasama khususnya memajukan kegiatan yang bersifat internasional,” ucapnya.

Dr. Telly berharap, kedepan akan ada kegiatan yang digaungkan. “Kegiatan semacam ini juga kami harapkan akan ada di Sumbawa,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Ummat yang diwakili oleh Ketua Kerjasama Internasional Ummat, yakni Asbah, M.Hum. menyebutkan rasa bangga sebagai tuan rumah kegiatan internasional. “Kami sangat bangga dengan kepercayaan sebagai tuan rumah. Ummat sendiri mendorong kerja internasional ini. Semoga kegiatan ini bisa menambah kegiatan internasional di Ummat,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Sistem Informasi Unram, Yusron Saadi, S.T., M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan terselenggaranya kegiatan ini. “Harapan kami dengan adanya pertemuan ini, kegiatan selanjutnya bisa terwujud,” tutur Yusron. Beliau juga menegaskan bahwa pulau Lombok termasuk dalam satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Maka hal tersebut perlu dimanfaatkan.

WR 4 Unram itu juga meminta dukungan lain yang harus dimunculkan dalam kegiatan Internasional. “Kegiatan internasional ini jika dilanjutkan bisa menggerakkan UMKM Lokal di Lombok. Seperti acara yang sering diselenggarakan di Unram,” jelasnya.

Dalam akhir sambutannya, Yusron berharap forum komunikasi yang telah diikhtiarkan bersama, tetap berlanjut, tetap eksis, dan tetap mengadakan kegiatan-kegiatan yang kongkrit.