Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) mengadakan The 4th Annual Conference on Education and Social Science 2022 (ACESS 2022) selama dua hari sejak tanggal 27 – 28 Oktober 2022 lalu, di Hotel Aruna Senggigi.

ACESS telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan diikuti oleh ratusan partisipan dari berbagai negara seperti United States, Malaysia, Australia, Filipina, Jepang, Singapura, dan masih banyak lagi. Pada gelaran tahun ini, ACESS mengusung tema “Technological Innovation and Adaptation on Education and Social Sciences in Society 5.0”.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia ACESS 2022, Dr. Nuriadi, S.S., M.Hum. tercatat lebih dari 100 abstrak yang mendaftar ACESS 2022. Melalui seleksi yang ketat, diumumkan bahwa hanya 61 paper yang dapat bergabung dalam konferensi internasional tersebut. Selanjutnya Dr. Gunawan, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Unram menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan kesempatan bagi akademisi dan profesional dari berbagai bidang terkait pendidikan dan ilmu sosial.

“Saya percaya apa yang akan disampaikan oleh semua pemateri dalam konferensi ini, akan menjadi sangat penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di abad 21 ini,” ujar Dr. Gunawan.

Konferensi internasional tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Agusdin, S.E., MBA., DBA. Ia turut menyampaikan beberapa isu penting yang berkaitan dengan tema besar ACESS 2022, seperti relasi perkembangan ilmu dan teknologi dengan kebutuhan industri dan masyarakat, peningkatan kualitas guru dan proses mengajar, kualitas dosen dan mahasiswa peneliti, dan kualitas lulusan baru, serta beberapa isu pendidikan lainnya.

“Untuk mengatasi tantangan ini membutuhkan transformasi dan kolaborasi dari sektor bisnis, akademisi, pemerintah, masyarakat, dan media yang biasa disebut dengan pentahelix,” jelas Agusdin.

Adapun pemateri inti yang dihadirkan diantaranya Prof. Kathy Cabe Trundle, Ph.D.; Prof. Dr. Mahmud, M.Pd.; Prof. Dr. Arifuddin, M.Pd.; Dr. Jayne C. Lammers; Ana E. Mirana, Ed.D.; dan Dr. Salman Alfarisi, M.Sn. Serta pemateri tamu, yaitu Prof. Dr. Muh. Rusdi, M.Si.; Prof. Dr. Ir. Benediktus Tanujaya, M.Si.; Prof. Dr. Gito Hadi Prayitno, M.Pd.; Dr. Gunawan, M.Pd.; dan Drs. Kamaludin Yusra, M.A., Ph.D.

Beberapa sub topik yang menjadi bahasan dalam konferensi internasional tersebut, diantaranya Pendidikan Karakter, Isu dan Kebijakan Pendidikan, Teknologi dan Kurikulum Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Asesmen dan Evaluasi, Pendidikan PAUD, dan lain-lain yang berkaitan dengan tema besar ACESS 2022.

Terselenggaranya ACESS 2022 ini merupakan kerjasama FKIP Unram dengan Universitas Riau, Indonesia; University of Rochester, Amerika; dan The Central Bicol State University of Agriculture, Filipina.