Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menyelenggarakan Kuliah Umum Penguatan Mahasiswa PPG tahun 2022 di Ruang Sidang Senat, FKIP Unram pada hari Jumat, 28 Oktober 2022.

Dekan FKIP Unram, Prof. Dr. A. Wahab Jufri, M.Sc. menyebutkan jika pendidikan profesi guru adalah suatu program pemerintah yang dicanangkan sejak lama. Dan Kemendikbud sudah melakukan berbagai upaya dan merencanakan anggaran untuk melaksanakan program pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan.

“Kehadiran Ibu Dirjen dan Bapak Direktur diharapkan dapat memberikan atau membagikan pelajaran dan hal-hal baru untuk kita sebagai pengelola PPG supaya tujuan yang diharapkan bisa terwujud,” ungkap Prof. Wahab.

Disampaikan pula agar melalui kuliah umum ini para peserta dapat memperhatikan beberapa hal untuk diimplementasikan dalam pola pikir agar dapat menjadi guru yang profesional. Tujuannya demi meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan secara khusus di Nusa Tenggara Barat.

Kuliah umum tersebut diisi oleh Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. selaku Plt. Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) dan Temu Ismail, M.Si. selaku Direktur PPG.

Prof. Nunuk dalam kesempatan itu menyampaikan materi terkait Transformasi Pendidikan melalui PPG Model Baru. Di mana ia turut menjelaskan jika arah pendidikan di Indonesia adalah menjadi Pelajar Pancasila.

“Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” terang Plt. Dirjen GTK.

Selanjutnya Temu Ismail, M.Si. menyebutkan beberapa data terkait guru dalam jabatan yang sudah disertifikasi pada tahun ini sejumlah 1.345.191 orang dan yang belum sejumlah 1.637.972 orang. Ia menuturkan jika di pertengahan Desember 2022 akan ada pelaksanaan uji pengetahuan, sehingga diharapkan agar para peserta dapat menggunakan kesempatan pembelajaran dengan baik sehingga tidak mengulang kembali baik di uji kinerja maupun uji pengetahuan.

“Untuk itu mahasiswa yang PPG prajabatan dari 311 orang yang hadir, ini adalah kesempatan anda. Untuk mendapatkan kesempatan itu tidak mudah, dilalui dengan berbagai cara mulai dari seleksi administrasi, Anda membuat catatan kemarin di skripsi dulu. Setelah itu tes substantif, literasi numerasi, dan tes wawancara barulah diumumkan,” pungkas Direktur PPG.