Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) melaksanakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri ke sekolah SMA/SMK/MA Se- Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 28 Januari sampai 3 Februari.

Sosialisasi PMB Unram dilaksanakan di 16 sekolah SMA/SMK/MA di pulau Lombok yang tersebar di Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Barat, dan 12 sekolah SMA/SMK/MA pulau Sumbawa yang tersebar di kabupaten Sumbawa, Sumabawa Barat, Dompu, dan Bima.

Sebelumnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengadakan Sosialiasi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2022 secara daring melalui Kanal Youtube LTMPT Official pada Minggu, (12/12).

Ketua Pelaksana LTMPT, Prof. Budi P. Widyobroto memaparkan secara umum ketentuan seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN 2022 sama seperti 2021.

“Prinsipnya masih sama dengan tahun 2021, perbedaannya dari jadwal UTBK dan tambahan materi tes pada SBMPTN,” ujar Ketua Pelaksana LTMPT itu pada Minggu, (12/12).

Dalam paparannya, Prof. Budi mengatakan bahwan kuota masuk untuk PTN BLU melalui SNMPTN minimum 20%, SBMPTN minimum 40% dan jalur mandiri maksimum 30%.

Budi menyampaikan bahwa pengisian PDSS, pendaftaran SNMPTN, dan pendaftaran UTBK – SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT. Registrasi akun LTMPT dapat diakses di portal LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id)

Sementara itu, Budi menjelaskan mengenai ketentuan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Materi tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 2 gelombang, yaitu 14 hari dan 28 sesi (2 sesi setiap hari). UTBK 2022 dilaksanakan di 74 pusat UTBK PTN. Segala informasi resmi LTMPT terkait pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN dapat di lihat pada laman https://www.ltmpt.ac.id