Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) melaksanakan Revisi Anggaran Tahun 2022 di Ruang Sidang Senat Rektorat, Rabu (9/2) lalu.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Yusron Saadi, S.T., M,Sc., Ph.D., selaku Ketua Pelaksana telah membuka acara revisi anggaran tahun 2022.

Acara tersebut diselenggarakan selama 2 (dua) hari, yakni Rabu, 9 Februari hingga kamis, 10 Februari lalu. Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP), Biro Umum dan Keuangan (BUK), Satuan Pengawas Internal (SPI), Koordinator Perencanaan, Sub koordinator PPA, EPPA, PNPB, AKLAP, Seluruh Wakil dekan II , Seluruh Wakil direktur II, dan penyusun anggaran di lingkup Universitas Mataram.

Dalam laporannya, ketua pelaksana kegiatan, Yusron Saadi, S.T., M,Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Universitas Mataram dalam 3 tahun terakhir mengalami kenaikan yang pesat dari tahun 2020 hingga tahun 2022 meningkat hampir 40%, yaitu 38,51%. Dari 136 Milyar menjadi 188 Milyar, belum termasuk saldo awal. Hal ini merupakan kebanggaan bagi Universitas Mataram.

Wakil rektor 4 itu juga menjelaskan bahwa kementrian juga menyediakan monitoring serapan dan ia mengajak para biro untuk mengikuti kegiatan tersebut untuk mengetahui di posisi mana saat ini unram berada. Ia kemudian melanjutkan dengan menyampaikan tentang Performance serapan unram, beberapa hal yang masih sering dialami, batas akhir revisi anggaran, dan masalah yang masih dihadapi.

“Kita akan selalu belajar dari pengalaman yang sudah-sudah dan harus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saya garis bawahi, kalau Bapak yakin Tim Penyusun Anggaran atau Tim Penyusun RKA-K/L nya 1 (satu) orang cukup handal, mungkin perlu dipertimbangkan untuk cari penggantinya.” Kata Yusron Saadi.

Di akhir laporannya, WR 4 juga menyampaikan harapannya agar Universitas Mataram bisa melakukan eksekusi anggaran dengan lebih baik dari sebelumnya.

Kegiatan hari pertama pun dilanjutkan dengan penyampaian teknis kebijakan anggaran oleh Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) Wirawan Suhaedi, SE., M.Ak., dan penyampaian petunjuk teknis tata cara revisi serta pelaksanaan petunjuk revisi oleh Koordinator Perencanaan Musatajib, S.T. Kemudian diambil olih oleh Tim perencanaan dan Tim Review untuk penjelasan teknis mengenai aplikasi e-TOR dan memulai revisi/penelaahan.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan pengentrian RKA-K/L melalui aplikasi e-TOR secara mandiri oleh Penyusun Anggaran Fakultas/UPT/Prodi. Selanjutnya dilanjutkan dengan perbaikan revisi, dan penyampaian rangkuman hasil penelaahan oleh Koordinator Perencanaan. Acara penelahaan usulan revisi anggaran tahun ajaran 2022 pun berjalan dengan lancar hingga selesai.