Mataram, Universitas Mataram – Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Eselon II/a Universitas Mataram (Unram) Tahun 2021. Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum telah membentuk Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala BAKP yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram nomor 2998/UN18/KP/2021 tanggal 6 Agustus 2021.

Tercatat lima orang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka calon Kepala BAKP Unram, kelima orang yang mendaftar yaitu Muslimin, S.Sos, MM., Musanip, S.Si., M.Repro, Ikhwan, S.Sos, MM, Irpan Siswadi, S.Sos, dan Zainal Abidin, SH., M.Si.

Saat membuka pelaksanaan tes assesment manajerial di Gedung Rektorat Selasa (14/9) pagi, H. Aman, SP, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa pendaftaran seleksi terbuka calon Kepala BAKP Unram telah dimulai sejak tanggal 25 Agustus – 6 September 2021 lalu, ada beberapa perubahan jadwal tes.

“tahap assesment manajerial yang semula dilaksanakan pada 27 September 2021 akan dilaksanakan pada 14 September 2021, presentasi dan wawancara pada 15 September 2021 dan penilaian rekam jejak dilakukan 16 September 2021. Adapun pengumuman atau pemberitahuan hasil seleksi  akan umumkan pada 22 September 2021,” papar Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) Unram itu.

Ia juga menjelaskan persyaratan untuk mendaftar seleksi terbuka calon Kepala BAKP Unram yaitu sehat jasmani dan rohani, berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil Aktif, menduduki pangkat paling rendah Pembina Tk. 1 (IV/b), memiliki kualifikasi pendidikan minimal Sarjana (S1)/Diploma IV, berusia maksimal 56 (lima puluh lima) tahun pada saat pelantikan.

Selain itu, pendaftar juga harus menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional Tertentu Jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun, telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk. IV dan III, menyerahkan penilaian SKP/Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir serta bersedia untuk menandatangani Pakta Integritas bermaterai Rp. 10.000,-.

“Pendaftar juga harus mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan), tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin/tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku bermaterai Rp. 10.000,-“, kata H. Aman.

Lebih jauh, Kepala BUK itu juga menjelaskan bahwa setiap pendaftar tidak boleh memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik, telah menyerahkan SPT Tahun 2019 dan tahun 2020 dan LHKPN tahun 2019 dan tahun 2020 dan mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar dan bermaterai Rp. 10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Universitas Mataram;

Dari kelima orang pendaftar diharapkan dapat menjalani tes dengan baik dan diberikan kesehatan. “mengingat tes yang dilakukan cukup panjang dan dilakukan secara estafet”, pungkasnya.